9 Jun 2010

Teknik Sablon Manual

Sablon…..

Sablon sering juga disebut dengan screen printing, pada perinsipnya sablon adalah sebuah expresi dari sikap manusia untuk merealisasikan sebuah gagasan/ide menjadi sebuah karya nyata,

Seperti halnya dalam seni lukis ada dua jenis cat yang digunaka yaitu cat air dan cat minyak. Dalam menyablon juga menggunakan cat air dan cat minyak tergantung media yang akan dijadikan media sablon setangkan tekniknya sama persis Cuma bahan yang berbeda.

ALAT YANG DIGUNAKAN

1. BAK SABLON (bentuknya segi empat seperti bingkai banyak terbuat dai kayu adajuga yang terbuat dari aluminium yang dibawahnya terdapat kain gaza atu dalam bahasa tukang sablon disebut gazascreen yang ditempel menggunakan kawat hecter)

2. RAKEL (bentuknya seperti sapu pembersih air di lantai, terbuat dari karet dan pegangannya atau gagang terbuat dari kayu)

3. GAMBAR YANG AKAN DISABLONKAN (tidak semua tukang sablon bisa membuat gambar ini dan sebagian besar emang tidak bisa membuatnya, hanya mereka yang terjamah ilmu IT dan menguasai Corel Draw yang bisa. Tukang sablon biasanya pergi ke orang yang bisa kemudian membayarnya. Pada gambar ini apabila menggunakan lebih dari satu warna dilakukan pemisahan, kalo untuk coba-coba bisa aja bikin tulisan pake MS Word apa aja tulisanya, kemudian print pada kertas biasa HVS/A4 kemudian olesi bagian belakang kertas dengan minyak sayur/minyak goreng yang merata biar kelihatan transparan. Kalo tidak mau belepotan minyak, bisa print menggunakan kertas kalkir atau biasa disebut dengan kalkir mirror tapiiiiiiiii printernya harus mendukung pake kalkir, ya minimal laserjet lah, kalo pake printer biasa tintanya luber.

4. KACA (kaca bening tebalnya 5ml ukurannya harus lebih besar dari bak screen)

5. PENGERING (bagusnya pake hairdrayer biar cepet, bisa juga pake kipas angin, kalo dua-duanya ga ada ya di angin-anginkan saja tapiiiiiiiii harus sabar menanti)

6. langkah pertama campur super X dengan minyak warna kuning (ulano) dengan perbandingan 1:10, aduk sampe rata

7. Oleskan campuran super x tersebut pada bagian dalan dan belakang screen dengan menggunakan busur derajat atau kartu feeber, supaya hasilnya rata, JANGAN SAMPE TERKENA SINAR MATAHARI.

8. Angin-anginkan sampe kering, kalo mau lebih cepat pengeringannya bisa pake hairdrayer, (pinjen az sama tukang cukur sebelah rumah asal jangan nyolong)

9. Tempelkan gambar dibelakang/luar screen dengan posisi gambar menghadap screen jepit dengan kaca 5 ml, sebelah dalam pake kain hitam. Dan jemur dibawah sinar matahari Selma 25 detik. Setelah itu semprot dengan spray (pake az yang biasa dipake nyetrika dirumah, isi pake air biasa)

10. Setelah itu bukan sulap bukan sihir screen ada motif gambarnya dan bisa digunakan setelah kering.

11. Masukan tinta diatasnya tempelkan screen diatas kain/kaos. Gesut dengan rakel satu atau dua kali gesutan. Jadideh kaos bergambar………. Selamat mencoba….

Ada beberapa yang belum di bahas disini

· Bikin neon box (tida menggunakan sinar matahari dadi bisa ngerjainnya malem)

· Bikin meja sablon (biar jadi tukang sablon beneran)

· Tutorian menggunakan CorelDraw (biar kreatif atau cari sendiri di google tentang corel)

nanti deh kalo ada waktu aku nulis lagi,


Panorama yang indah suasana alam pedwsaan

Tidak ada komentar: